CARA KERJA MESIN VESPA DAN CARA MEMPERBAIKI SENIDRI

Senin, 11 Maret 2013

Hallo brada and sista….
Kami ingin coba sharing tentang mesin vespa dan pnanggulangannya untuk kalian pecinta scooter….
Dasar kinerja dari pada mesin vespa,.. yaitu berbasis dua tak atau dua langkah… 
- Langkah Pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator…
- Langkah Kedua yaitu proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakaryang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. …
Contoh di bawah ini adalah perangkat Vespa Super….
KARBURATOR
Alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yang ada distang/dikaki lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya….
PENGAPIAN
Terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh kru-kas yang ada di dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher….
Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang berada di dalam magnet atau kipas, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR(biasa disebut KONDENSOR) berukuran 2 farad lalu di sinyalkan (kaya hp aja yo pake sinyal bahasanya ckckckck) atau sistem pemulsaran olehPLATINA….
Setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah….kalo kestrum lumayan bgt tu….
RUANG BAKAR
Ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara (MIXTURISASI)…..
Setelah bahan bakar tercampur, di transperkan oleh SEHER yang tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER, lalu bahan bakar mengalami penekannan ke ruang vakum yang ada pada HEAD SILINDER….
Nah di sini lah terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi…
Sisa bahan bakar yang berjenis karbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah ke KNALPOTyang berfungsi memanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk menyempurnakan proses selanjutnya, dan knalpot ini berfungsi juga sebagai peredam suara ledakan….drot dot dot dot dot..
ROTASI ATAU PUTARAN MESIN
Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok melalui KOPLING, yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesuai dengan keinginan pengendara…
Dalam gir bok terdapati GEAR PRIMER atau (gigi borobudur). Rotasi dari gir tersebut berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER (gigi seri / gigi roda). Sementara itu, transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 diatur oleh CRASH GEAR (gigi silang)….. Pengaturan ini langsung di hubungkan ke stang motor. Keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga yaitu tidak menggunakan sistem rantai (seperti pada motor jepang atau 4 tak lainnya)….
Perawatan pun lebih murah, mudah, dan yang terpenting adalah ketelitian + ke apikan kita menggunakan mesin vespa ini…dan tidak males broo…
MASALAH YANG SERING TERJADI SERTA PENYELESAIAN NYA
1. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat
Ini berdampak langsung dengan laju vespa. Melaju tersendat- sendat atau malah sulit untuk dihhidupkan, kadang pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelam yang mengakibatkan hilangnya percikan api pada busi. Penyelesaiannya sebagai berikut:
- Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat bro….
- Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar bro…
- Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini….dan tidak males brooo…
- Periksa ukuran lubang spuyer sudah pas atau belum, jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran bensin akan boros dan juga busi sering mati. Ukuran lubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabriknya bro…. Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya dengan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi atau standarnya 2-2,5 putaran obeng….
2. Pengapian
Pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar….Bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati….
Penyelasaiannya sebagai berikut:
- periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikanapi, solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet. Bila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian pengapian yang lainnya…
- Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan ke massa, kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru. Bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina…
- Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. Dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok (Kecuali mendadak), karna antara konektor tidak lurus atau bengkok yang mngekibatkan umur platina tersebut menjadi kurang tahan lama. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator (kondensor)…
- Pemeriksaan kondensator amat lah mudah, apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai. Ganti kondensor anda atau dengan cara mencangkok kondensor yang lama dengan kondensor baru. Dengan kata lain sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad…
- cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di ganti degngan yang baru. Tanda spul pengapian rusak biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, atau spul putus….
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian, tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak rata.
Ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas bro…
Motor Macet tidak Bisa DI Slah
Ini adalah suatu trable mesin yang lebih fatal biasanya hal ini terjadi di kerenakan lakher / BEARING, Stang Sekher , Ring Sekher patah, atau Sekher (PISTON) yang sudah rusak atau tidak layak pakai….
Bisa juga perangkat di gear bok ada yang patah….
Seperti, PER GIGI PRIMERrontok, PLAT KOPLING yang sudah tidak layak pakai atau bisa juga GIGI STATER ompong atau rontok….
Proses penyelesainnya harus turun mesin dan kita harus bongkar semua perangkat mesin agar lebih mudah pengecekannya. Apabila dalam pengecekan perangkat ternyata ada yang rusak, baiknya kita ganti dengan yang baru untuk menjaga hal-hal tidak di inginkan yang bisa saja nanti terjadi pada saat kita mengendarai vespa kita di jalan….biar touringnya lancar car…kl lancarkan qt bisa tikung kanan tikung kiri bro…
Vespa Getar / Tidak Nyaman di Kendarai
Kondisi ini adalah diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet sasis. tentu saja ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara. Karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING dan secara otommatis keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan….
Panenggulangnganya sebagai berikut:
- Kondisi kelayakan ban dan pelek. Jika ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng….
- Kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak. Semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda…
- Lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK MOTOR,TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, dll. Bila terjadi keropos pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut lama, karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi vespa tiba tiba patah dan terbagi menjadi 2 alias tugel gel….
- Kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin (karet sasis), shokbreker juga MOUNTING sok blakang. Bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti….
- SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik pernya atau sok, wajib untuk kita ganti dan jangan lupa kondisi mur rodabaik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa hanya karena malas untuk memperbaikinya bro..
Menghindari Ban lepas
Yang ini biasanya lupa untuk kita cek, sebetulnya ini masalah spele bro cm ngcek udah dikancing belum as rodanya (biasanya pakai paku)…kalau as roda tidak dikancing paku pada as rodanya bisa-bisa roda bisa copot saat kita mengendarainya…bahaya broo..
Menghindari Borosnya Tromol Belakang
Ini juga biasanya kita lalai untuk mengeceknya…tinggal pake pake aja asal jalan…biasanya tromol belakang cepat aus gigi pada tromol belakang dikarenakan baud pada as roda kurang kenceng apa kendor (bisa kancing pakunya lepas apa emang kurang kenceng), dan pada muatan/beban dari vespa tersebut biasanya pada vespa yang telah dimodifikasi contohnya sespan, karena beban terlalu berat bisa mengakibatkan borosnya tromol belakang bro….
Wokeeee……………….minom dulu….amunisian dulu…..
Well akhirnya wassalam dulu tips dari kami…..smoga bermanfaat….kurang lebihnya, kami mohon maaf bro...Salam Satu Jiwa…..Bravo vespa mania indonesia jaya selalu 
SATU VESPA SEJUTA SAUDARA


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

76 komentar:

dasmad bin racam mengatakan...

stop! stop..! mantap dah..

Anonim mengatakan...

info nya membantu sekali om..
trima kasih...sih..

Unknown mengatakan...

mantap banget infonya kawan...

Unknown mengatakan...

om gimana cra ngecek kondensor mati apa g..trus kalo g mau langsam apanya kira kira,,kadang maunya cma di choke aja.

Ekky Syukri mengatakan...

kece banget :) thanks infonya.. hehe btw mas vespanya apa ? vespa gue super tahun 74..

Unknown mengatakan...

Kalo vespa susah di hidupin dan kalo digas vespa seperti mau mati

Unknown mengatakan...

Itu gimana ya, kasih info aku dong

Unknown mengatakan...

mursid bayu
coba di cek knalpotnya brow
siapa tau banyak kerak di dalamnya karena sya kemaren seperti itu
motor tidak bisa jalan dan seperti mau mati
busi cepat sekali panas

Anwar Saputra Waruwu mengatakan...

bagaimana dengan yg pakai CDI mas ? vespa saya esclusif 2 pake CDI

Unknown mengatakan...

Maturnuwun info ne om....ngaji mesin kanan.
Mantappppp

Unknown mengatakan...

numpang tanya om, saya punya vespa super, pas di bawa santai kaya bensin ga lancar, tapi kalo di bawa nebut gaada kendala apa2. itu apa sebab nya??

vespawall mengatakan...

trims infonya, berguna buat pemula spt saya :D

Billal Almahdi.S.Pd S.h mengatakan...

Thank's Om Berguna Banget Infonya . Tapi Punya Saya Ko Sering Netes Oli Kenapa ya ?

new blogs mengatakan...

izin share gan

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

mohon pencerahan saya uda pusing cari problemnya hehehe

Unknown mengatakan...

mas kalu mesin bagian gerbok vespa keluar serbuk besi apanya ya.saya bongkar di ulak ulik gak ada yang kemakan .saya priksa ger setnya pun gak pp. tapi putaran ger setnya agak keset .kira kira apanya ya mas? tolong d bantu mas

Unknown mengatakan...

tolong bantu suhu...habis turun mesin susah nyala mesin di slah keras melawan...jadi susah hidup.

Unknown mengatakan...

Mantep brow ..lansung praktek nich...

Belinda mengatakan...

blognya kerenbgt.

Unknown mengatakan...

thakns infonya gan..

Unknown mengatakan...

Itu cocok buat semua pen- jual mesin gan :D

Unknown mengatakan...

ok..banget...

Unknown mengatakan...

Tolong bantu bung, kalo pengapian dah sip, itu wektu du cek busi sambil di slah pelan2, tapi kalo ngeslahnya keras, dol terus, tq tak tunggu, ini masih macet

Unknown mengatakan...

Tolong bantu bung, kalo pengapian dah sip, itu wektu du cek busi sambil di slah pelan2, tapi kalo ngeslahnya keras, dol terus, tq tak tunggu, ini masih macet

Korona mengatakan...

mas vespaku lama gak di pakai . wktu ku hidupin kluar oli dri lubang knalpot. itu apanya mas

Unknown mengatakan...

bro..tolong bantu gue bro..barusan vespa gue pemutaran giginya tu tiba2 los aja bro...apa yg salah tuh bro??

Unknown mengatakan...

bro..tolong bantu gue bro..barusan vespa gue pemutaran giginya tu tiba2 los aja bro...apa yg salah tuh bro??

Unknown mengatakan...

Mungkin kabel perseneleng putus bro. Coba cek

Unknown mengatakan...

Mursid: itu bisa jadi karbu lu kotor coba lu cek spuyernya lu bersihin kalo masih gak bener juga berarti spuyer lu kegedean. Itu si menurut gua

Unknown mengatakan...

Ari wibowo: kejadian itu sama seperti gue tuh kalo gua si langsung beli karbu baru.udah angkat tangan ngotak ngatiknya

Unknown mengatakan...

Thank's infonya om

Unknown mengatakan...

kalo platina ga goyang knapa brad.pengapian oke tapi ?

Anonim mengatakan...

Ok bgt infonya bro. Mw nanya dikit ni bro klo busi yg pengapian bagus warna nya gmna bro

Unknown mengatakan...

Warna coklat muda ato orang2 bilang merah bata oom, busi kering ga bleber sama bensin seabis mesin dinyalakan.

Unknown mengatakan...

Maap, Pemutaran gigi tu yg sebelah mana om?

Unknown mengatakan...

Vespa saya juga pernah kaya gini, nyembur campuran bensin, oli & kotoran dari knalpot. Bisa dari kondisi suplai bensin dari karbu yg banjir, atau dari kondisi knalpot yg ngerak ditambah gas buang dari hasil pembakaran oli samping yg kurang bagus. Itu sih menurut saya....

Unknown mengatakan...

Makasih banyak mas infonya!! Salam vespa dari Cimahi.

Unknown mengatakan...

Makasih banyak mas infonya!! Salam vespa dari Cimahi.

Unknown mengatakan...

Vespa saya juga pernah kaya gini, nyembur campuran bensin, oli & kotoran dari knalpot. Bisa dari kondisi suplai bensin dari karbu yg banjir, atau dari kondisi knalpot yg ngerak ditambah gas buang dari hasil pembakaran oli samping yg kurang bagus. Itu sih menurut saya....

Unknown mengatakan...

Maap, Pemutaran gigi tu yg sebelah mana om?

Unknown mengatakan...

Om, mesin excel 200 saya abis belah mesin kadang suka bunyi tak tek tak tek gt (kaya bunyi tutup botol nempel di ban pas lg jalan) kira2 itu knp ya? Kmrn jg abis ganti segala macem seal, tp tetep aja bagian mesin kalo diparkir masih bocor dan juga asepnya luarbiasa. Boleh minta solusi nya?

Unknown mengatakan...

Om, mesin excel 200 saya abis belah mesin kadang suka bunyi tak tek tak tek gt (kaya bunyi tutup botol nempel di ban pas lg jalan) kira2 itu knp ya? Kmrn jg abis ganti segala macem seal, tp tetep aja bagian mesin kalo diparkir masih bocor dan juga asepnya luarbiasa. Boleh minta solusi nya?

Ulifatul Laili Mahmuda mengatakan...

Weh gilakkk membantu bgt bro buat yg lagi siap siaga punya vespa kaya ane thx bro
Btw, kalo turun mesin servis total biasanya brapa ya??

Unknown mengatakan...

Permisi mas bro, saya mau minta tolong. Ini saya bru megang vespa peninggalan kakek saya jd udh bisa d bilang berumur bgt.. Jadi masalahnya tiba2 olor gas vespanya los, jadi mohon bantuaannya terima kasih

Unknown mengatakan...

Gan vespa saya, tiap maju dikit mati, kira kira kenapa ya

Unknown mengatakan...

Makasih infonya ya om,berguna banget untuk para pengendara vespa.....

Unknown mengatakan...

Bang klo per gigi susunnya lemah pengaruhnya apa ? Kta orang bengkel sih moyornya nyentak² ke depan klo jalan lambat.. tapi aku mau tanya lagi dulu ke sini.. tolong di bales ya

Unknown mengatakan...

Bang klo per gigi susunnya lemah pengaruhnya apa ? Kta orang bengkel sih moyornya nyentak² ke depan klo jalan lambat.. tapi aku mau tanya lagi dulu ke sini.. tolong di bales ya

Unknown mengatakan...

om super 74 gua msin ny ngletek brisik bnget ap ny yh

Unknown mengatakan...

om super 74 gua msin ny ngletek brisik bnget ap ny yh

riko mengatakan...

bang kenapaya busi saya selalu meledak ledak dan susah dihidupkan saya suda 4 kali gantibusi dalam 4 hari .apakah pengapian saya kegedean sehingga membuat busi tidak dapat menahan tegangan sehingga busi putus.info penyetelanya gimana .saya make vespa exclusif tahun 94

A. Rusmana mengatakan...

Makasih infonya yang sangat berharga ini.
Tanya Gan, Kalo slah/engkol/slenger vespa menurun ke bawah gmn ganti as slahnya? Kaya membongkar mesin deh....Dan kenapa bisa turun ya sehingga menghidupkan mesinnya susah pakai slah krn dekat/pendek jedanya. Slahnya ngempleh pleh..pleh paling 10 cm ke permukaan tanah.

Banyak yg mau ditanyakan, vespa saya Ekslusif 2. Sementara itu aja dahulu,

Nuhun

Unknown mengatakan...

Gimana cara mengatasu kalau mesinnya banjir terus,dan busi sering basah kalau di kick starter.....????
#TOLONG_DIJAWAB_BUTUH_NIH

beye mengatakan...

siip infonya buat nambah ilmu

SASAJI_SATU_VESPA_SEJUTA_SAUDARA

Unknown mengatakan...

Om starter vespa saya ngelos gmn ya betulinya...

Unknown mengatakan...

Om starter vespa saya ngelos gmn ya betulinya...

Fajar Aprilian mengatakan...

Mantap lur! Lanjutkan karyamu
Sekalian www.kreatorkotor.blogspot.com

Fajar Aprilian mengatakan...

Mantap lur! Lanjutkan karyamu
Sekalian www.kreatorkotor.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Gimana klo kenalpot vespa buntu pengaruhnya ke komponen apa ajah n

Unknown mengatakan...

Coba priksa fly wheel nya

Unknown mengatakan...

Vespa sering makan busi biasanya karena spuyer yang udah lama gak di ganti coba ganti spuyer aja 😁

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Coba periksa karburator dan pelampungnya biasanya vespa sering banjir karena ada masalah pada karburator nya

Unknown mengatakan...

Ganti kick stater yg baru

Unknown mengatakan...

Mau tanya sama para suhu, motorku vespa super 78, masalahnya bagian magnet+as bagian magnet oblak. Yg jd pertanyaannya, apakah laher kruk as bagian magnetnya yang rusak ?
Mohon pencerahannya dari para suhu.
Nuhun.

Fadlhli Insani Ihsan 37 mengatakan...

Mantap gang

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahan para suhu nu saya super 75 aya bunyi pletuk pletuk di bagian mesin, kadang kecip kadang besar suarana. Naonnya mohon pencerahan para suhu ��������

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahan para suhu nu saya super 75 aya bunyi pletuk pletuk di bagian mesin, kadang kecip kadang besar suarana. Naonnya mohon pencerahan para suhu ��������

Unknown mengatakan...

Mohon pencerahan para suhu nu saya super 75 aya bunyi pletuk pletuk di bagian mesin, kadang kecip kadang besar suarana. Naonnya mohon pencerahan para suhu ��������

Unknown mengatakan...

tipsnya keren gan salam mesin kanan



Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Unknown mengatakan...

Klu netral vespa saya ga mau d engkol.kira2 apanya yg salah ya brad??
Help me please..

Unknown mengatakan...

kalo vespa saya miring om itu kenapa ya kira-kira

Ryan mengatakan...

Om stater vespa los. Penyebabnya apa ya? Stater dorong juga ngga bisa?

Unknown mengatakan...

Kalok bongkar tepong vespa excel tahun 86 itu bagaimana om ya

Garienz phoebe mengatakan...

Kalo roda depan sprint tiba2 bunyi klotok2 itu kno ya om? Dan di ganti bering baru pun masi bunyi klotok2. Ada yg bisa tau knp? Mohon bantuannya om, ini wa saya 089514245068. Ntar biar saya kirimim vidionya. Tolong di bantu

Posting Komentar